Monday, May 06, 2013

[Kepenulisan] TERE LIYE di Kampus Unisba

Tanggal 4 Mei, 2013, adalah hari penting buatku. Hari itu ada kesempatan mengikuti workshop kepenulisan dari seorang Penulis yang telah membetot perhatianku. Kalian kenal TERE LIYE, kah? Kalau kusebutkan judul novel HAPALAN SALAT DELISA, kalian ngeh tidak ya? Mudah-mudahan pada tahu. Atau setidaknya pernah nonton film dengan judul yang sama. Tentang perjuangan hidup anak Aceh yang kena badai Tsunami. Dia kehilangan kakinya sebelah yang harus diamputasi. Tetapi yang menggenaskan, dia kehilangan Ibu dan tiga kakaknya tercinta. Untung masih bertemu dengan Ayahnya yang pelaut. 

Nah, yang berhasil memikat pembaca mau pun penonton lewat karya tulisnya adalah Tere Liye. Tere Liye itu nama penanya. Kalau ngubek-ngubek facebook, pernah ketemu nama FB Darwis Tere Liye. Silahkan di follow ya. 

Aku sempat telat sepuluh menit, dan bergabung dengan banyak mahasiswa yang sudah memenuhi ruangan. Nggak apa-apa deh, meski pun sudah berbuntut tiga, toh nggak keliatan ini. hihihihi...berasa masih ngora wae.

Masih mengenai nama pena, banyak orang salah sangka. Bang Tere Liye berkata pada audiens,"siapa yang manggil saya mbak di facebook." Grrr...sontak isi aula tertawa lepas.

Aku tampilkan dulu ya foto-fotonya. Pada postingan kedua, baru isi penjelasan yang Bang Tere Liye berhasil aku rangkum dalam notes BB-ku.

Bang Tere Liye sangat low profile. Kalau melihat dari uraiannya, beliau juga seorang dosen, dan lulusan Fakultas Ekonomi UI. Makanya tak heran, penuturannya begitu lancar, menunjukkan bahwa amunisi di kepalanya sangat lengkap dan padat. Kapan pun siap dimuntahkan. Penampilannya sangat sederhana, tengok saja pakai jeans, kaos oblong putih berpadu sweater warna abu-abu tipis dan topi rajutan warna senada.

Sepanjang dua jam lebih beliau bertutur, tak semenit pun kalimat mubazir keluar dari bibirnya. Sesekali ditimpali guyonan yang tak mesti dibuat-buat seperti pelawak, dan itu cukup buat para mahasiswa (dan aku) terpingkal-pingkal. 

Cara beliau menjelaskan pun runut, dan tepat sasaran. 




Ini Dia, Penulis Novel Favorit Saya Bang TERE LIYE
Animo mahasiswa/umum yang membludak di Unisba
Segitu udah berbusa-busa bicara, ada aja yang masih pengen nanya
Bang Tere Liye yang sangat low profile, sampai berfoto pun tidak mau...accaaah
,,

2 comments:

Unknown said...

Wah, menjawab pertanyaan saya Mbak..apa iya Tere Liye itu artis yang juga penulis (perempuan. Ternyata bukan, sama nama doang.

bestfriend said...

oh ada ya TERE LIYE artis? baru tahu malah